Indonesia tengah berada dalam masa-masa pembangunan. Sebagai negara berkembang, Indonesia tak hanya butuh SDA (sumber daya alam) untuk membangun negeri, tapi yang lebih penting dalam pembangunan adalah tersedianya SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas.

Dalam pembangunan, negara membutuhkan kontribusi dari rakyat guna bekerjasama dan bekerjakeras mengisi dan membangun negeri. Salah satu kontribusi penting dalam membangun negeri dilakukan melalui pajak.

Sebagai warga negara yang baik, tiap warga diberikan kewajiban untuk membayar baik pribadi maupun badan usaha. merupakan iuran wajib dari masyarakat yang bertujuan untuk pembangunan.

Pajak telah diatur dalam regulasi berupa undang-undang maupun peraturan tertentu yang dikeluarkan oleh pemerintah. Regulasi tersebut mengatur pedoman, petunjuk, dan informasi mengenai perpajakan.

Sebagai wajib pajak masyarakat maupun badan usaha tak boleh mengabaikan kewajiban tersebut yakni membayar pajak untuk menyokong dan membiayai pembangunan. Taat bayar pajak sama dengan mencintai negeri yakni dengan berkontribusi dalam pembangunan.

Tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak memang perlu ditingkatkan. Penyebabnya bermacam-macam seperti masyarakat tak mengetahui tentang kewajiban pajak, kapan jatuh tempo pembayaran pajak, dan lain sebagainya.

Mengatasi hal tersebut pemerintah perlu menyiapkan langkah strategis melalui lembaga terkait untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat dalam memenuhi kewajiban pajaknya.

Langkah dimaksud dengan menyiapkan tenaga atau petugas yang terjun langsung melakukan sosialiasi tentang pajak, wajib pajak, jatuh tempo, besaran pajak, dan lain sebagainya. Para petugas pajak perlu diberikan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kecakapan dan kompetensi mengenai perpajakan.

Tujuan

Pelatihan atau training tentang perpajakan bagi petugas pajak memiliki beberapa tujuan penting yaitu sebagai berikut:

Peserta pelatihan dapat memahami tentang seluk beluk dunia perpajakan demi mendukung dan menggenjot tingkat penerimaan pajak dari wajib pajak.

Mampu meningkatkan pengetahuan dan kompetensi petugas pajak dalam mensosialisasikan pentingnya pajak bagi pembangunan negara.

Meningkatkan budaya kerja yang penuh tanggung jawab dan disiplin bagi petugas pajak dalam meningkatkan eksistensi organisasi dan lembaga pajak pemerintah.

Comments are closed.