Dalam sebuah organisasi diperlukan adanya yang kuat. yang nantinya terbentuk dalam karakter yang merupakan pelaksana dari segala proses dalam mencapai sebuah target atau tujuan perusahaan atau organisasi. Dengan kata lain adalah pondasi yang membentuk team work. Solid atau tidaknya sebuah team work akan sangat tergantung dari yang ada. Beberapa tips berikut ini adalah cara untuk membangun yang kuat :

• Target yang jelas

Pemimpin harus bisa menyampaikan gambaran target yang ingin dicapai kepada teamnya. Sampaikan pula cara kerja dan jangka waktu yang akan digunakan. Team juga harus mengerti tujuan dibentuknya team tersebut dan apa saja harapan organisasi atau perusahaan kepada hasil kerja mereka.

• Komitmen

Pastikan bahwa setiap individu dalam team berkomitmen dengan pekerjaan mereka. Pimpinan harus menanamkan pikiran bahwa setiap individu dalam team mempunyai peran penting sehingga mereka bersemangat dan tertantang untuk menjalankan misi dan mencapai target yang telah ditentukan.

• Kompetensi

Dalam sebuah team work diperlukan individu-individu yang memiliki skill yang berbeda namun saling melengkapi. Selain itu untuk membangun team building perlu adanya penempatan posisi pekerjaan yang sesuai dengan keahlian anggota team.

• Kontrol

Dalam membangun team building harus ada kontrol antara pimpinan dan anggota team tersebut. Pimpinan hendaknya memberi batasan yang jelas kepada anggota team dalam melaksanakan pekerjaan dan begitu pula anggota team dapat memberikan saran atau meminta kewenangan tertentu untuk menyelasaikan pekerjaan mereka.

• Inovasi kreatif

Team building yang tangguh adalah yang bersedia membuka pintu bagi penemuan baru atau karya kreatif baik dari pimpinan ataupun anggota team. Dan kemudian merumuskan ide-ide baru tersebut agar dapat diaplikasikan dalam proses pencapaian target.

• Kolaborasi

Untuk menghasilkan team work yang kuat harus ada kerja sama dari setiap inidividu didalamnya. Tidak hanya saling melengkapi dalam pekerjaan namun juga saling mengerti dengan perbedaan yang ada. Kolaborasi diperlukan agar pekerjaan bisa dilakukan dengan seefektif mungkin dan menghindari adanya perselisihan antar anggota team.

• Koordinasi

Team building memerlukan koordinasi yang tepat, pimpinan yang mampu mengarahkan teamnya serta team yang bersedia untuk diatur oleh pimpinan. Koordinasi juga berkaitan dengan kontrol langsung dari perusahaan ataupun organisasi yang menaunginya.

• Komunikasi

Membangun team building artinya membangun komunikasi dengan anggota team. Adanya arahan, perintah, saran ataupun pendapat akan membuat team work menjadi dinamis dan mampu menginterpretasikan dengan benar gambaran target yang akan dicapai.

2 Responses to “Tips Membangun Team Building yang Kuat”

  1. Tahapan MembangunTeam Building | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] building yang solid akan menghasilkan sebuah team work yang kuat. Team building sendiri adalah pondasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan […]

  2. Tahapan Membangun Team Building | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] building yang solid akan menghasilkan sebuah team work yang kuat. Team building sendiri adalah pondasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan […]

Comments are closed.