diperlukan untuk menghasilkan sebuah tulisan yang tidak hanya bagus namun juga bisa dimengerti, sehingga pesan yang terdapat pada tulisan bisa sampai tepat kepada pembaca. Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, berikut adalah penjelasannya :

1. Menentukan tema
Ketika menulis yang lebih dahulu harus dipikirkan adalah tema apa yang akan kita angkat dalam tulisan. Tema menjadi hal penting karena merupakan landasan dari keseluruhan tulisan kita. Selain itu dengan adanya tema dapat membantu untuk mengembangkan ide-ide tulisan yang kreatif dan membuat tulisan menjadi lebih berisi. Tema yang ditentukan pun adalah hal yang harus kita kuasai. Akan lebih mudah menulis hal yang kita mengerti ketimbang menulis sesuatu yang diluar pengetahuan kita. Kalaupun ingin menulis tema yang unik dan menarik pembaca maka pastikan untuk melakukan riset dan observasi secara mendalam. Kumpulkan segala informasi penting menyangkut tema tersebut agar pembaca merasa mendapat pengetahuan baru setelah membaca tulisan kita.

2. Menetapkan pikiran utama/gagasan pokok
Pikiran utama setiap paragraf dalam tulisan kita mempunyai fungsi sebagai pemandu agar tulisan kita tidak melenceng atau tidak relevan dengan tema. Selain itu pikiran utama dapat membantu untuk mengembangkan kalimat dalam tulisan dan terhindar dari kebuntuan ide yang tiba-tiba.

3. Memperhatikan unsur tulisan
Unsur tulisan yang penting meliputi penggunaan kata yang baku, ejaan yang disesuaikan, tanda baca yang benar serta makna sebuah kalimat. Adanya kesalahan dalam peletakan tanda baca bisa mengakibatkan makna kalimat menjadi ambigu atau malah terjadi pergeseran makna. Untuk ejaan yang harus diperhatikan adalah penempatan awalan dan akhiran, kata penghubung, kata ganti serta huruf besar atau kecil dalam sebuah kalimat. Selain itu perhatikan pula gaya tulisan yang kita pakai. Hal ini sebelumnya dipengaruhi oleh tujuan dan sasaran apa dan untuk siapa tulisan ini dibuat. Jangan sampai tulisan yang kita maksudkan untuk memberi informasi malah kita campur dengan adanya hal-hal imajinasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya.

4. Editing
Proses ini kita lakukan setelah menyelesaikan semua tulisan kita hingga paragraf terkahir. Editing dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan kata atau ejaan yang luput oleh perhatian kita. Ada baiknya mengedit tulisan dengan membacanya dengan suara bukan dalam hati, biasanya membaca dengan suara lebih bisa menunjukkan kalimat yang janggal atau salah. Dan yang lebih penting jangan lakukan proses mengedit bersamaan dengan menulis, karena hal itu dapat memperlambat dan memecah konsentrasi dalam menulis.

Comments are closed.