yang solid akan menghasilkan sebuah yang kuat. Team building sendiri adalah pondasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi . Membangun team building memang bukan hal mudah apalagi sebuah team adalah berisi beberapa individu yang mempunyai latar dan pemikiran yang berbeda. Lalu bagaiman untuk bisa membangun team building yang sukses dan terintegrasi? Berikut adalah 4 tahap dalam membangun team building :

1. Visi
Team building yang kuat haruslah yang memiliki visi yang sama. Adanya kesamaan visi membuat langkah dalam setiap individu bisa sejalan. Visi tersebut tentunya dirumuskan bersama oleh pimpinan dan anggota team. Dengan menetapkan visi maka akan terlihat pula target yang hendak dicapai dan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut.

2. Program
Setelah mendapatkan visi bersama maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyusun program. Program ini dimaksudkan sebagai panduan dalam bekerja dan menetapkan setiap langkah yang akan diambil untuk menjalankan program tersebut. Program yang terencana dapat mengarahkan team building pada target yang tepat, selain itu dengan adanya program ini dapat menunjukkan sejauh mana kaberhasilan pemimpin dalam melaksanakan tugasnya bersama team. Pembentukan program yang tepat menjadi unsur penting dalam membangun team building karena dari sinilah semua rencana kerja akan direalisasikan oleh team work.

3. Posisi tugas
Membangun team building harus dilakukan dengan membangun kenyamanan dari setiap individu dalam kelompok. Setiap anggota tentu akan merasa lebih nyaman ketika mendapat tugas yang sesuai dengan keahlian mereka. Disini peran pimpinan menjadi sangat penting karena ia dituntut untuk jeli dalam melihat kemampuan setiap personal yang ada. Karena yang kelak akan mengeksekusi visi dan program yang sudah ada adalah para personal team work. Jangan sampai kesalahan dalam peletakan posisi tugas nantinya akan membuat semua rencana kerja menjadi berantakan dan team work menjadi kacau.

4. Komunikasi
Merupakan aspek non teknis namun memiliki pengaruh besar pada proses membangun team building. Komunikasi diperlukan untuk memberikan pengarahn yang tepat dari pimpinan dan menyampaikan saran/pendapat dari anggota team. Komunikasi yang baik dalam team work adalah saling mendengar dan menghilangkan arogansi pribadi untuk kepentingan dalam team.

Comments are closed.