Dalam merekrut karyawan memang sudah disaring melalui kualifikasi yang sudah ditentukan. Tetapi apabila perusahaan tidak melakukan pengembangan sumber daya alam maka bukan tidak mungkin perusahaan akan kalah bersaing dengan yang lainnya karena semakin lama persaingan semakin ketat tidak hanya dari segi performa tetapi juga persaingan yang berkualitas. Mengembangkan pada perusahaan bisa dengan beberapa cara dan dilakukan secara bertahap. Tujuannya adalah untuk meningkatkan skill yang telah dimiliki oleh karyawan dan meningkakan loyalitas serta etos kerja terhadap perusahaan. Berikut adalah beberapa metode untuk mengembangkan .

Pelatihan atau

pada perusahaan cara yang pertama adalah dengan pelatihan atau training. Training biasanya diberikan kepada pegawai untuk memahami lebih jauh visi dan misi perusahaan, bagaimana cara bekerja dan memenuhi target yang diberikan, serta untuk kepentingan sosial seperti menjalin kedekatan antar pegawai atau dengan atasan, membangun loyalitas pegawai, sekaligus bisa sebagai refreshing. Pelatihan bisa diadakan oleh perusahaan atau bekerja sama dengan lembaga dari luar.

Melakukan perubahan sistem

Untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain makan sebuah perusahaan harus bisa menyesuaikan diri dengan pasar dan pola sumber daya manusia yag terus berubah. Aturan atau sistem yang diberlakukan 5 tahun lalu belum tentu relevan jika diterapkan pada jaman sekarang. Maka dari itu untuk mengantisipasi dan mengembangkan SDM pada perusahaan, sistem harus diubah secara berkala bila perlu untuk bisa mengeluarkan potensi yang dimiliki SDM dengan maksimal.

Tidak menganggap karyawan sebelah mata

Jika diperhatikan masih banyak karyawan perusahaan yang mengeluhkan bosnya suka berlaku seenaknya sendiri dan tidak menghargai karyawan. Jika masih menerapkan gaya memimpin yang otoriter, bisa jadi karyawan menjadi tidak betah dan kabur. Berikan kesempatan pada karyawan untuk menyampaikan pendapat dan usulannya. Siapa tahu justru muncul gagasan yang bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik jika didiskusikan bersama-sama. Karyawan juga memerlukan perhatian dan penghargaan dari atasannya atas kontribusi yang telah diberikan. Dengan demikian, SDM akan berkembang dengan kualitas yang lebih baik.

One Response to “Strategi Mengembangkan SDM Pada Perusahaan Menghadapi Persaingan Global”

  1. Mencari Peluang Usaha Melalui Training SDM | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] langkah sederhana cari peluang usaha. Terpenting adalah asal ada usaha, maka ada jalan. Training SDM tentunya tidak boleh Anda lupakan ketika benar-benar ingin mencari peluang usaha dengan lebih […]

Comments are closed.