Selamat Datang MEA
Selamat Datang

Apa itu MEA? Masyarakat Ekomoni Asean yang selalu jadi perbincangan banyak orang ini sebenarnya adalah kesepakatan yang dibuat oleh sepuluh negara anggota ASEAN yang ingin menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi asing agar kawasan ekonomi ASEAN menjadi sejahtera dan berdaya saing tinggi. Sampai kalimat tersebut rasanya tujuannya baik tetapi dengan melakukan hal tersebut akan membuat barang dan jasa yang dijual satu negara ke negara lain menjadi lebih mudah sehingga membuat kompetensi menjadi lebih ketat. Nah, barulah rasanya menjadi agak sedikit mengerikan.

Jika anda dan banyak orang dahulu berpikir untuk bisa bekerja atau melakukan bisnis dengan pihak asing, khususnya negara-negara anggota ASEAN, hanya angan-angan saja, tetapi kini sudah ada jalannya. Dengan lebarnya jalan yang dibuka tentunya membuat anda tenaga kerja profesional yang tinggal di Indonesia tidak hanya berkompetisi dengan tenaga kerja profesional dalam negeri tetapi juga sembilan negara anggota ASEAN yang memiliki keahlian dan kemampuan yang beragam serta bisa jadi lebih baik dari anda. Untuk itu siapakan diri anda untuk menghadapinya dengan melakukan tiga hal sederhana berikut ini.

Pendidikan

Apakah anda tenaga kerja terdidik atau hanya terlatih, anda harus terus menerus belajar pada bidang pekerjaan atau keahlian anda karena itu akan membantu anda untuk terus menapaki karir impian anda. Pendidikan bukan hanya sekolah formal tetapi ikuti juga pelatihan dan kursus, serta jangan lupa untuk membaca buku-buku dan literatur lainnya yang bermanfaat untuk karir dan bidang pekerjaan anda. Semakin kompleks keterampilan dan keahlian yang anda miliki, maka daya tawar anda akan semakin tinggi.

Bahasa

Tidak ada tenaga kerja yang tidak berkomunikasi, baik itu lisan maupun tulisan, untuk itu miliki kemampuan berbahasa asing yang baik setidaknya bahasa Inggris pelajari terus bagaimana berbicara dan menulis yang baik dan benar. Jika anda merasa sudah yakin bahwa kemampuan bahasa inggris anda itu sudah baik, anda bisa belajar bahasa asing lainnya, seperti bahasa mandarin atau bahasa lainnya yang bisa menunjang karir anda.

Budaya kerja

Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki nilai-nilai yang dijaga dan dianut untuk itu anda harus memiliki etos kerja, kebiasaan, dan kepribadan yang baik, seperti kerja keras, komunikasi, dan integritas dan lain sebaginya, dimana hal-hal tersebut bisa membawa organisasi atau perusahaan menjadi sukses dan tentunya kehidupan anda.

Terdengar sederhana tetapi untuk bisa mencapai semua itu tidak sesederhana yang anda kira karena anda harus berkorban waktu, tenaga dan biaya. Jadi anda tidak perlu merisaukan lagi tentang ?

One Response to “Persiapan Sederhana untuk Menghadapi MEA”

  1. MEA, Seperti Dua Sisi Koin | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] atau tidak anda tidak bisa lari dari era MEA, jika sudah diberlakukan. Apa MEA keuntungan dan kerugian, hanya anda yang bisa […]

Comments are closed.