sangat penting, khususnya yang ada kaitanya dengan perekonomian suatu negara. Oleh karenanya, eksistensi lembaga perbankan dalam bentuk kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat sangatlah penting dan perlu dijaga untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan serta efisiensi intermediasi. Tak hanya itu, kepercayaan masyarakat juga berperan penting dalam mencegah terjadinya kasus . Kepercayaan masyarakat terhadap bank juga ikut andil dalam menjaga kestabilan perputaran uang di dalam bank. Semakin banyak masyarakat yang percaya dan menggunakan jasa bank, akan semakin banyak uang yang beredar di dalam bank. Salah satu fungsi uang yang beredar ini adalah untuk membayar kewajiban-kewajiban yang harus disalurkan ke seluruh nasabahnya.

Melemahnya peranan bank bisa juga dipengaruhi oleh masalah-masalah intern yang umumnya disebabkan oleh tata pengelolaan perusahaan yang kurang baik. Jika dibiarkan terus, industri di sektor perbankan akan melemah sehingga akan berpengaruh pada penyerapan pertumbuhan risiko kredit serta perubahan harga di dalam negeri yang sangat signifikan. Penyebab lainnya bisa juga berasal dari kurang adanya praktik pengelolaan yang transparan sehingga mengakibatkan pihak pengawas perbankan sulit dalam mendeteksi adanya praktik-praktik kecurangan yang dilakukan oleh pengurus atau pejabat perbankan. Tantangan lainnya yang mungkin dihadapi oleh suatu lembaga perbankan yaitu berkurangnya nasabah karena mereka berpaling ke lembaga perbankan lain. Terlebih saat ini ada cukup banyak perusahaan penyedia dana/ sumber dana yang juga gencar menawarkan jasanya ke masyarakat. Sebut saja perusahaan leasing, perusahaan modal ventura, perusahaan hire purchase, perusahaan anjak piutang, pasar modal, pasar uang, dan masih banyak lainnya.

Untuk tetap mendapatkan kepercayaan masyarakat, lembaga-lembaga perbankan harus diawasi dan diatur melalui perundangan yang berlaku (sebagai peraturan langsung/ ) dan juga peraturan tidak langsung (). Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi kewenangan pihak pengurus bank dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sebagai contoh, bank tidak dianjurkan untuk memberikan pinjaman ke suatu perusahaan melebihi jumlah prosentase tertentu dari modal yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sedang untuk peraturan tak langsung dapat dilakukan dengan pemberian suatu insentif untuk mempengaruhi sikap dari pengurus bank.

Lantas, bagaimana peran perbankan terhadap perkembangan perekonomian di daerah? Peranan perbankan di daerah juga tak kalah penting. Perbankan sangat berperan dalam menyalurkan dana ke semua sektor pembangunan seperti sektor pembangunan riil. Oleh karenanya, perbankan juga wajib untuk menyiapkan personalnya dan juga harus siap membangun . ini perlu disiapkan agar dana yang disalurkan benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

Comments are closed.