bagi lulusan perguruan tinggi dari jurusan apapun memiliki arti penting sebagai bekal untuk menghadapi persaingan di dunia kerja maupun di lingkungan sosial. Seringkali ada anggapan bahwa belajar hingga ke jenjang pendidikan tertinggi sudah cukup untuk bekal mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan, namun hal tersebut tidak sepenuhnya betul. Anda pasti pernah mendengar bahwa dalam setahun, ada ratusan hingga ribuan lulusan perguruan tinggi yang mencari kerja di bidang yang sama. Minimnya lowongan pekerjaan yang ada, membuat masing-masing individu lulusan perguruan tinggi bersaing menunjukkan kemampuan untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan dan hal tersebut tentu akan semakin terasa karena sebentar lagi Indonesia sudah memasuki era MEA (). Demi memenangkan persaingan yang ada dengan tenaga asing yang akan semakin mudah masuk pada era ini, masing-masing lulusan perguruan tinggi perlu mendapatkan pelatihan sertifikasi terkait hal berikut.

Bahasa

Pernahkah Anda mendengar pernyataan bahwa menguasai bahasa nasional saja tidak akan cukup untuk bersaing di era global? Pernyataan tersebut bisa dibilang benar, karena tanpa menguasai satupun bahasa asing, seorang lulusan perguruan tinggi terkenal sekalipun tidak akan menang jika bersaing dengan orang lain yang memiliki penguasaan 3 bahasa asing dalam dunia kerja. Tak hanya itu, penguasaan bahasa asing juga sangat penting untuk pergaulan dunia sosial di era MEA.

Pendalaman profesi

Masing-masing lulusan dalam sebuah perguruan tinggi, agar mampu bersaing secara sehat di dunia kerja tetap harus memiliki pendalaman materi dari profesi yang akan diembannya. Sebagai contoh seorang lulusan ekonomi akuntansi yang bekerja sebagai seorang akuntan di kantor pajak, tetap harus mendapatkan pelatihan tentang bagaimana membuat pelaporan pajak yang terstruktur dan sebagainya. Berbeda halnya dengan seorang lulusan di bidang bahasa yang akhirnya bekerja sebagai seorang penerjemah, jika ingin bertahan di pekerjaannya maka lebih baik jika dirinya juga melatih tata bahasa yang dimiliki. Jika Anda menyadari pentingnya pelatihan sertifikasi,maka ada baiknya Anda mulai menyiapkan hal-hal yang terkait sertifikasi sejak dini

Comments are closed.