Pelatihan SDM sebagai penunjang aktivitas pelayanan jasa yang dilakukan oleh perlu dilakukan. Karena melalui sumber daya yang berkualitas, kebutuhan masyarakat tentang pelayanan dapat terpenuhi dengan baik. yang ada pun biasanya akan disesuaikan dengan sistem ISO standar pelayanan jasa seperti ISO 28000 dan ISO 9001. Kaitannya dengan penyediaan jasa dan sumber daya yang ada, berikut adalah beberapa manfaat dari yang dilakukan.

Deteksi masalah

Pelatihan yang dilakukan secara berkala pastinya diharapkan mampu mendeteksi masalah yang sedang dialami oleh individual atau kelompok karyawan terkait dengan tugas yang diembannya. Sebagai contoh saat seorang pegawai masih belum mengerti prosedur pendaftaran pasien yang benar dengan sistem BPJS. Deteksi masalah sejak dini pastinya akan berdampak pada peningkatan pemahaman, produktivitas, maupun kualitas dari pekerja tersebut sehingga jika diterapkan deadline tertentu masing-masing pekerja akan mampu memenuhinya tanpa terjadi masalah atau kesalahan prosedur.

Motivasi karyawan

Pelatihan yang diadakan pastinya akan menunjukkan keterkaitan antara karyawan yang bergerak di bidang satu dengan bidang lainnya. Selain itu, masing-masing karyawan diharapkan paham betul mengenai wewenang dan tugas-tugasnya sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Termasuk jika karena sebab tertentu seorang individu harus merangkap beberapa tugas di waktu yang bersamaan. Pemahaman seluruh karyawan yang berlangsung secara berkesinambungan akan membuat dampak positif juga bagi BPJS mulai dari peningkatan nilai kontrak, peningkatan jumlah pelanggan, maupun juga kerjasama instansi.

Peningkatan produktivitas pelayanan

Pada saat BPJS mengadakan pelatihan pada sumber daya yang dimiliki di berbagai bidang maka secara tidak langsung pelatihan tersebut akan berdampak positif pada peningkatan produktivitas pelayanan. Penguasaan masing-masing individual pada bidang yang ditangani akan membuat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat maksimal. Selain itu, pelatihan yang diadakan juga akan meminimalisir seorang karyawan memiliki kesulitan dalam mengatasi permasalahan terkait prosedur. Namun adakalanya pihak perusahaan tertentu termasuk BPJS akan menyerahkan pelatihan SDM pada pihak yang lebih berwenang agar kontrol standar mutu juga lebih terjamin.

One Response to “Pentingnya Pelatihan SDM dalam Peningkatan Pelayanan BPJS”

  1. Manfaat Pelatihan SDM Bagi Perusahaan | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] atau selanjutnya disingkat SDM bagi perusahaan dijelaskan dalam tulisan terbaru ini. Pelatihan SDM atau Sumber Daya Manusia sesungguhnya sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan […]

Comments are closed.