Manajemen risiko merupakan salah satu elemen penting dalam mengelola sebuah , dengan pengelolaan resiko yang baik maka sebuah lembaga dapat terhindar dari kerugian ataupun kebangkrutan. Terhindar dari resiko yang merugikan merupakan tujuan hampir semua orang, baik itu kerugian harta milik pribadi ataupun kerugian aset milik . Banyak yang tidak menyadari pentingnya manajemen atau pengelolaan resiko bagi sebuah , padahal ada banyak manfaat yang menguntungkan dan memudahkan proses manajemen secara keseluruhan jika pihak pengelola sudah mampu melakukan identifikasi dan pengendalian dari resiko – resiko yang mungkin dialami oleh sebuah .

Ada beberapa proses penting dalam manajemen risiko agar dapat memberi manfaat sebesar mungkin bagi sebuah lembaga usaha. Bagian pertama dari pengelolaan resiko adalah melakukan identifikasi atas resiko – resiko yang mungkin dialami oleh sebuah lembaga usaha. Selanjutnya dilakukan evaluasi terkait dengan pengelolaan lembaga usaha pada saat tersebut terkait dengan resiko – resiko yang mungkin terjadi. Dari hasil evaluasi akan ditemukan strategi dan metode mengendalikan resiko serta sistem pengawasan resiko untuk menghindarkan sebuah lembaga usaha mengalami resiko – resiko yang sudah diidentifikasi sehingga mengalami kerugian. Dibutuhkan ketrampilan dan kemampuan analisis yang baik bagi siapapun untuk melakukan identifikasi resiko hingga membuat sistem pengawasan dan strategi pengendalian resiko yang mungkin dialami sebuah lembaga usaha. Pengalaman juga akan berguna bagi siapapun yang harus menjalani proses analisis resiko dan merancang sistem pengawasan serta menyusun strategi pengendalian resiko.

Salah satu cara untuk memiliki ketrampilan dan kemampuan identifikasi, evaluasi dan menyusun sistem pengawasan resiko adalah dengan mengikuti pelatihan tentang manajemen risiko dan pengendalian resiko. Dibutuhkan dasar ilmu dan juga keterampilan untuk dapat menjalani proses identifikasi hingga seorang pengelola lembaga usaha mampu melakukan pengendalian resiko dan memanfaatkannya untuk keuntungan lembaga usaha. Sebuah strategi manajemen lembaga usaha yang baik pasti meliputi penerapan sistem pengawasan resiko dan strategi pengendaliannya. Tanpa dua elemen tersebut, maka kerugian dapat terjadi akibat terlambatnya merespon kondisi beresiko yang gagal diidentifikasi dan dikelola sehingga berdampak seminimal mungkin bagi lembaga usaha.

Comments are closed.