pengertian dan definisi sumber daya manusia

atau Sumber Daya Manusia akan dijelaskan secara rinci dan mendalam dalam tulisan ini. Sumber Daya Manusia atau yang sering disingkat SDM sangat penting bahkan tidak dapat diabaikan peranannya dalam suatu ekosistem sebuah institusi maupun perusahaan. Bahkan SDM merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah perusahaan atau institusi.

Pada hakikatnya, SDM terdiri dari daya fikir dan daya fisik setiap manusia, dengan kata lain, terdiri dari jasmani dan rohani. Intinya kemampuan setiap manusia ditentukan oleh daya fikir dan daya fisiknya yang direalisasikan menjadi performance. Hal itu bersifat fleksibel karena dapat di-upgrade, dapat juga ter-downgrade.

SDM atau manusia menjadi unsur utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Peralatan yang handal atau canggih tanpa peran aktif SDM, tidak akan berarti apa-apa, karena itu kita dapat mengenal istilah man behind gun. Daya pikir adalah kecerdasan yang dibawa lahir (modal dasar) sedangkan kecakapan diperoleh dari usaha (belajar dan pelatihan). Kecerdasan berpatokan pada Intelegence Quotient (IQ) dan Emotion Quality (EQ).

Pengertian SDM secara makro adalah penduduk atau warga yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang sudah memasuki usia angkatan kerja maupun yang sudah bekerja.

Sedangkan pengertian SDM secara mikro adalah orang yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi yang disebut sebagai karyawan, pegawai, buruh, pekerja, tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Beranjak dari pengertian tersebut, lebih dalam lagi bahwa SDM adalah orang yang bekerja sebagai motor penggerak pada suatu perusahaan dan berfungsi sebagai aset perusahaan atau institusi yang diperhitungkan dan perlu dikembangkan lagi kemampuan hardskill serta softskill-nya.

SDM yang terdiri dari daya fikir dan fisik inilah yang menjadi roda penggerak sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan yang perlu dikembangkan lagi skill-nya sehingga tercipta SDM yang kompeten. SDM yang berkualitas dipadu dengan peralatan canggih merupakan kombinasi kesuksesan setiap organisasi.

SDM sendiri dapat dilihat dari dua aspek, yaitu SDM dari segi kualitas dan kuantitas. Kualitas SDM terkait dengan angka, yaitu seberapa banyak SDM yang tersedia untuk berkontribusi mengerahkan daya fikir dan fisiknya untuk suatu organisasi. Sedangkan SDM dilihat dari segi kualitas yaitu terkait mutu dan daya saing secara fisik dan fikir dalam suatu organisasi.

Mengingat pentingnya SDM dan manfaat pelatihan SDM bagi perusahaan, sudah seharusnya semua organisasi, baik institusi maupun perusahaan mengembangkan SDM mereka melalui sebuah pelatihan atau training untuk menguatkan daya saing serta mencapai visi dan misi masing-masing.

One Response to “Pengertian SDM”

  1. Tujuan Pelatihan Dan Pengembangan SDM | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] dan pengembangan SDM atau Sumber Daya Manusia adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam manajemen sebuah organisasi, baik berupa […]

Comments are closed.