Terdapat beberapa pihak yang diklaim sebagai pemain utama di pasar modal. Pemain yang pertama adalah . adalah perusahaan yang menjual surat-surat berharga atau perusahaan yang melakukan emisi di pasar bursa. memiliki sejumlah tujuan dan biasanya tujuan ini sudah tercatat di atau biasa disingkat RUPS. Tujuan-tujuan yang umumnya disampaikan, antara lain: perluasan usaha, perbaikan struktur modal (menyeimbangkan antara modal sendiri dan modal asing), dan pengadaan pengalihan pemegang saham.

Pemain yang kedua adalah para . adalah pihak yang menanam saham atau modal di suatu perusahaan pelaku emisi. Para biasanya akan melakukan observasi terlebih dahulu terhadap perusahaan yang akan ‘disuntik’ modal darinya. Poin-poin yang diamati dari suatu perusahaan biasanya adalah bonafiditas perusahaan, prospek usaha, dan lainnya. Jika sudah merasa yakin dengan eksistensi perusahaan tersebut di dunia bisnis, baru kemudian menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Sebagai penanam modal, tentu seorang memiliki tujuan tertentu. Sebut saja tujuan untuk mendapatkan deviden, tujuan untuk memiliki perusahaan tersebut, dan tujuan berdagang.

Pemain yang ketiga yaitu . ini berperan untuk mendukung berjalannya pasar modal agar para pemain pasar seperti emiten dan investor mudah dalam menjalani berbagai aktivitas pasar modal. Terdapat beberapa nama lembaga yang termasuk dalam kelompok . Lembaga-lembaga tersebut, yaitu underwriter (penjamin emisi), dan broker atau pialang (perantara jual beli saham).

(pedagang saham) dan penanggung adalah dua pemain lainnya di pasar saham. juga memiliki peran yang hampir sama dengan broker atau perantara. Tugas atau pekerjaan antara lain sebagai pedagang dalam kegiatan jual beli efek dan sebagai perantara dalam kegiatan jual beli efek. Sementara itu, penanggung lembaga yang memiliki peran sebagai penengah yang sangat dipercaya oleh pihak investor sebelum investor menanamkan modalnya ke suatu perusahaan.

Pemain pasar saham berikutnya adalah . adalah pihak wali amanat yang ditunjuk oleh pihak investor. Tugas , antara lain: menganalisa dan menilai kekayaan pihak emiten, menganalisa kemampuan dan kualitas emiten, mengawasi emiten, menjadi konsultan bagi investor, mengawasi jalanya pembayaran pokok obligasi dan bunganya, dan bertugas sebagai agen pembayaran. Perusahaan Surat Berharga, Perusahaan Pengelola Dana, dan Kantor Administrasi Efek adalah 3 pemain pasar modal lainnya.

Comments are closed.