Setelah pada artikel sebelumnya sudah diberitahu sedikit mengenai investasi anak muda melalui saham untuk anak muda, maka ada cara lain untuk berinvestasi yaitu dengan . Apa itu ? adalah surat perjanjian hutang. Surat ini dikeluarkan oleh pihak pertama yaitu pihak yang mengeluarkan . Setelah itu, surat ini akan diserahkan kepada pihak kedua yaitu pihak yang memegang . Fungsinya adalah untuk memanfaatkan dana pihak kedua. Dana tersebut bisa dikembalikan beserta dengan bunga dan jangka waktu yang sudah disepakati.

Jenis obligasi

Jika Anda membeli obligasi, maka Anda adalah orang yang berperan untuk meminjamkan dana kepada pihak yang sudah mengeluarkan obligasi. Ada berbagai macam pihak yang bisa mengeluarkan obligasi seperti perusahaan, pemerintah pusat, atau pemerintah daerah. Ada tiga jenis obligasi di Indonesia yaitu obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan obligasi ritel.

Keuntungan obligasi

Ketika Anda menggunakan melalui obligasi maka keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah keuntungan dalam bentuk pinjaman yang Anda berikan kepada teman dengan sistem bunga. Dalam skema dari obligasi, keuntungan disebut dengan istilah yield. Yield didapatkan dengan cara membagi suku bunga dengan harga yang didapatkan dari nominal obligasi. Seberapa besar yield yang Anda dapatkan tergantung kepada besaran dari angka obligasi yang dibeli. Semakin besar angka obligasi yang Anda dapatkan, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin besar.

Investasi obligasi adalah investasi yang cocok untuk Anda yang memiliki modal besar dan ingin bermain aman ketika berinvestasi. Namun sayangnya, jika risiko investasi obligasi yang Anda ambil, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga tidak bisa meningkat dengan sendirinya.

Selain obligasi dan saham, Anda bisa mencoba reksadana yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan dana yang berasal dari pemilik modal. Setelah dana terkumpul, dana lalu disalurkan ke berbagai jenis investasi yang terdapat di pasar modal. Bagi Anda investor pemula yang memiliki modal kecil dan belum mahir untuk mengetahui risiko dari investasi yang dilakukannya, reksadana bisa membantu Anda.

One Response to “Obligasi dan Reksadana, Solusi Untuk Berinvestasi Bagi Anak Muda”

  1. Investasi Reksadana untuk Anda Para Pemula | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] Investasi reksadana saat ini memang sedang populer di Indonesia. Berkat sosialisasi yang baik dari OJK, reksadana kini banyak peminatnya. Alasan utama mengapa reksadana begitu direkomendasikan yaitu reksadana merupakan instrumen investasi yang mudah untuk dijalankan dan berpotensi memberikan keuntungan yang besar bagi investornya. Tak hanya itu, instrumen investasi ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba bermain saham tanpa harus mengalami risiko kerugian yang besar. […]

Comments are closed.