Mengembangkan kemampuan tenaga bahkan tenaga kerja lainnya selalu dibutuhkan, tetapi saat ini memang bidang pekerja teknologi informasi () saat ini sedang dalam kebutuhan tinggi, namun tahukah anda bahwa tenaga ini membutuhkan keterampilan lain. Survei terbaru pada chief information officers di Amerika Serikat menujukan bahwa pekerja kekurangan keterampilan interpersonal dan sosial, seperti kepemimpinan dan komunikasi. Lebih dari setengah dari orang yang diteliti mengatakan bahwa tenaga IT yang baru bekerja kekurangan hampir 30 persen keterampilan di bidang teknis dan 17 persen tenaga IT profesional yang diperlukan untuk bekerja pada pekerjaan dengan keterampilan kerja sama tim. Meskipun mayoritas responden mengatakan bahwa tenaga IT disiapkan dan mampu mulai memberikan kontribusi langsung setelah dipekerjakan.

Pada perusahaan yang sedang ingin mempekerjakan tenaga IT akan mencari kandidat yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga bisa memenuhi tenggat waktu pekerjaan dan bekerja dengan baik dengan pelanggan dan rekannya. Tenaga IT yang baru lulusan dapat membedakan dirinya dengan menunjukkan ketajaman dalam berbisnis dan keterampilan interpersonal. Tenaga IT dapat meningkatkan peluang mereka untuk tetap berada di pekerjaannya dengan berfokus pada keterampilan berikut ini:

Komunikasi

Ini menunjukan bahwa anda perlu untuk berbicara dan menulis dengan jelas, tapi beberapa tenaga IT profesional gagal pada hal ini. Hindari menggunakan jargon atau konsep teknis yang jelas bagi anda, tetapi mungkin tidak jelas atau tidak dikenal orang banyak.

Pemecahan masalah

Perselisihan terjadi di setiap kantor. Belajar bagaimana untuk tenang dalam memilah masalah dan menemukan kompromi yang dapat membantu anda di sepanjang karir anda.

Kerjasama tim

Apabila rekan kerja yang sedang dikejar deadline dan anda punya waktu, tawarkan diri anda untuk membantunya. Cara ini dilakukan untuk memenangkan dukungan dengan memberikan dukungan ketika diperlukan.

Diplomasi

Selalu menjaga profesionalitas termasuk nada bicara ketika berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga tidak perlu untuk marah-marah atau frustrasi, yang bisa anda sesali nanti.

Jadi walaupun sifat pekerjaan anda lebih individualis tetapi dengan memiliki keterampilan seperti di bisa mengembangkan kemampuan tenaga IT sehingga daya tawarnya lebih tinggi.

Comments are closed.