Era merupakan perubahan menuju yang lebih baik untuk sektor ekonomi negara. Indonesia termasuk negara yang sedang mempersiapkan penyambutan pada bulan Desember 2015 nanti. Harapan dari perwujudan bagi Indonesia adalah dapat memperbaiki keadaan ekonomi yang kurang menentu agar kejadian krisis ekonomi tidak terulang kembali. Namun sayangnya, Indonesia dianggap belum siap untuk menyambut era . Hal yang menganggu adalah karena belum semua sektor yang ada memiliki . Padahal seperti yang diketahui, sangat penting untuk dimiliki menjelang MEA. Setiap tenaga profesi di berbagai sektor harus mengupayakan untuk memiliki sertifikasi. Menurut pernyataan dari Kepala BNSP, Sumarna F. A., beliau menyatakan jika setiap tenaga profesi sudah memiliki sertifikasi, maka akan semakin mempermudah mobilisasi tenaga profesi  lintas negara. Sehingga pentingnya setiap tenaga profesi memiliki sertifikasi melalui training . Perlu diketahui, ada tiga jenis sertifikasi yang diakui dan dapat dimiliki oleh tenaga profesi menjelang MEA, seperti berikut ini.

Jenis Sertifikasi LSP Terbatas Untuk Ruang Lingkup

Jenis sertifikasi ini hanya dapat dimiliki oleh tenaga profesi yang bekerja pada perusahaan tertentu yang menyelenggarakan sertifikasi LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) guna persiapan MEA. Hanya pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut yang berhak untuk memperoleh sertifikasi. Namun perusahaan tersebut tidak diperkenankan untuk memberikan sertifikasi kepada tenaga profesi dari perusahaan lain.

Jenis Sertifikasi LSP Antar Dua Pihak

Jenis sertifikasi ini dapat dilakukan oleh dua pihak yang saling berinteraksi untuk memperoleh sertifikasi. Salah satu perusahaan akan bertindak sebagai pihak yang berhak memberikan sertifikasi kepada perusahaan yang diajak berinteraksi. Dengan tujuan perusahaan yang berwenang memberikan sertifikasi ingin agar setiap tenaga profesi di perusahaan tertentu memiliki sertifikasi melalui sertifikasi melalui training SDM kepada para tenaga profesi di perusahaan tersebut.

Jenis Sertifikasi LSP Dari Organisasi Profesi

Jenis sertifikasi ini dapat dilakukan oleh organisasi profesi dengan mengikuti standar dari kompetensi yang telah disepakati dan sudah diakui skala nasional. Kemudian mengajukannya langsung melalui BNSP guna memperoleh izin lisensi LSP. Dengan catatan organisasi profesi harus berdiskusi bersama asosiasi profesi yang berasal dari negara ASEAN luar Indonesia. Barulah dapat mengadakan sertifikasi melalui training SDM.

Comments are closed.