tidak hanya dapat dibaca namun juga didengar. Siapapun yang tertarik untuk terjun dalam dunia usaha, maka penting untuk memiliki kemampuan dalam mendengar . Mengasah kemampuan mendengar sendiri dapat diikuti dalam pelatihan di bidang usaha. Tidak sembarang orang dapat mengetahui apa yang menguntungkan saat itu. Jika Anda memang berniat untuk menjadi SDM pelaku usaha yang cakap, maka modal utama adalah mampu mendengar peluang melalui dua sisi berikut ini.

Mendengar Peluang Usaha Melalui Pihak Pasar

Pasar di sini bukanlah pasar tradisional yang menjual sayur-mayur, sembako, ataupun kebutuhan pokok yang lain. Juga bukan pasar swalayan yang menjual camilan. Melainkan pasar yang menjadi ladang usaha Anda nanti. Dengarlah apa yang diinginkan oleh pasar saat itu terhadap perkembangan usaha. Apa saja yang diinginkan dan dikeluhkan oleh pasar harus dapat Anda dengarkan dengan baik-baik. Agar tidak lupa, maka penting pula untuk mencatat apa yang Anda dengar. Dengan mengikuti pelatihan SDM, maka setiap orang yang tertarik untuk menjalankan usaha akan diarahkan bagaimana menjadi pendengar yang baik melalui pihak pasar.

Mendengar Peluang Usaha Melalui Pihak Konsumen

Jika pihak pasar memiliki ruang lingkung yang luas alias mendengar peluang usaha secara obyektif, maka Anda juga perlu mendengar peluang usaha secara subyektif. Melalui pihak konsumen, Anda akan dapat mendengar apa yang diinginkan dan dikeluhkan mereka secara lebih terperinci. Sehingga Anda menjadi memiliki gambaran usaha apa yang pantas untuk dijalankan nanti. Ikutilah pelatihan SDM di bidang usaha agar dapat menjadi pendengar yang baik melalui pihak konsumen.

Diharapkan Anda juga tidak bosan untuk terus menjadi pendengar yang baik. Sehingga Anda akan memperoleh berbagai informasi terkait peluang usaha. Dengan membuat list-list dari setiap informasi yang Anda peroleh, maka akan dapat ditarik kesimpulan. Anda menjadi tahu peluang usaha seperti apa yang memang sedang banyak dicari oleh para konsumen. Adanya pelatihan SDM di bidang usaha menjadi titik awal Anda berlatih menjadi pendengar guna menemukan peluang usaha secara cermat.

Comments are closed.