Seperti halnya, dua sisi koin, () keuntungan dan kerugian bagi Indonesia khususnya. Karena bagi negara-negara anggota ASEAN yang sudah menyiapakan segala sesuatunya tentu menjadi sebuah keuntungan mengikuti MEA yang bertujuan untuk menarik investasi asing agar kawasan ekonomi ASEAN menjadi sejahtera dan berdaya saingan tinggi, tetapi bagi negara yang belum siap akan menjadi sebuah kerugian. Karena semua ini tentang kompetisi dan risiko, berikut ini kompetensi dan risiko di era MEA.

Barang berkualiatas

Karena yang diperdagangkan adalah barang dan jasa, akan membuat barang impor masuk ke Indonesia dalam jumlah yang banyak dan bisa mengalahkan barang produksi lokal yang memiliki kualitas rendah dan harga yang tidak kompetitif. Hal ini pada akhirnya bisa mengakibatkan defisit neraca perdagangan di Indonesia. Untuk itu tidak ada cara lain selain memperbaiki kualitas produk dan terus berinovasi bagi para pengusaha.

Eksploitasi

Kekayaan alam di Indonesia sangat kaya dari laut hingga daratan, sumber daya alam ini pula yang menjadi barang dagangan di MEA nantinya, tetapi regulasi yang dibuat di Indonesia belum mampu melindungi sumber daya alam. Sampai saat ini saja, dimana MEA belum diberlakukan, eksploitasi sumber daya alam oleh banyak pihak sudah meraja lela dan merusak ekositem di Indonesia. Untuk itu sangat diperlukan regulasi dari pemerintah yang mampu melindungi kekayaan alam di Indonesia.

Ketenagakerjaan

Tenaga kerja di Indonesia sangat melimpah tetapi keahliannya tidak mencukupi, bahkan memiliki pendidikan tinggi tetapi tidak memiliki keahlian apa-apa sehingga tidak bekerja. Dari segi pendidikan dan produktivitas tenaga kerja di Indonesia bisa kalah saing dengan negara anggota ASEAN lainnya. Untuk itu selalu belajar, tidak peduli sudah setinggi apa anda bersekolah, anda harus mengikuti kursus dan pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi pada bidang pekerjaan, baik itu secara teknis, maupun non-teknis.

Suka atau tidak anda tidak bisa lari dari era MEA, jika sudah diberlakukan. Apa MEA keuntungan dan kerugian, hanya anda yang bisa menjawabnya.

Incoming search terms:

One Response to “MEA, Seperti Dua Sisi Koin”

  1. Sertifikasi menjelang era MEA | P2Tel | Persatuan Pensiunan Telkom

    […] Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan perubahan menuju lebih baik untuk sektor ekonomi negara. Kita P2Tel termasuk institusi […]

Comments are closed.