manfaat dan tujuan pelatihan SDM bagi perusahaan

Manfaat pelatihan atau training Sumber Daya Manusia atau selanjutnya disingkat SDM bagi perusahaan dijelaskan dalam tulisan terbaru ini. Pelatihan SDM atau Sumber Daya Manusia sesungguhnya sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan.

SDM pada dasarnya bersifat fleksibel, bisa naik dan turun kualitasnya, karena itu sudah seharusnya SDM yang terdiri dari pegawai, manajer serta jajaran atas diberi pelatihan atau training agar hardskill dan softskill mereka berkembang dan mampu beradaptasi dengan teknologi terbaru.

Pelatihan SDM ini memiliki satu tujuan bagi sebuah perusahaan, yaitu meningkatkan performance kerja karyawan sehingga memberikan manfat besar bagi perkembangan perusahaan dan pada akhirnya, perusahaan dapat mencapai tujuannya sesuai visi dan misi yang dipegangnya serta bersaing dengan kompetitor lain.

Selain untuk mencapai tujuan, pelatihan SDM sangat penting sekali bagi setiap perusahaan untuk menghindari resiko yang sangat besar. Kemungkinan buruk seperti kecelakaan kerja dapat terjadi apabila perusahaan mengabaikan pentingnya pelatihan SDM bagi para karyawannya.

Sebagai contoh, apabila ada karyawan yang tidak terlatih dalam menggunakan peralatan dengan baik, maka resikonya adalah peralatan itu dapat rusak atau mencelakai karyawan yang tidak terlatih itu, akibatnya dapat membuat perusahaan mengeluarkan biaya besar, terutama untuk mengganti peralatan yang rusak.

Kesalahan atau kecelakaan akibat kelalalaian karyawan dapat dihindari dengan diadakannya pelatihan untuk membekali karyawan dengan skill tertentu dan menguasai penggunaan alat-alat kerja. Selain resiko tersebut, tingkat turn-over karyawan juga bisa sangat tinggi, dikarenakan karyawan merasa jenuh dan tidak berkembang serta merasa tidak dihargai oleh perusahaan.

Perusahaan yang akan sukses pastinya tahu betul bahwa karyawan adalah salah satu asset berharga yang harus dikembangkan kualitasnya agar perusahaan juga dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Perlu juga diingat bahwa kualitas daya saing suatu perusahaan juga ditentukan oleh kualitas SDM di dalamnya.

Tentunya, perusahaan sendiri harus tahu pelatihan mana yang cocok diterapkan bagi karyawan mereka, karena terdapat berbagai jenis dan tahapan pelatihan SDM yang harus dilakukan secara berkesinambungan untuk menciptakan SDM yang profesional dan seperti yang diharapkan perusahaan. Secara garis besar, itulah manfaat pelatihan atau training bagi sebuah perusahaan.

2 Responses to “Manfaat Pelatihan SDM bagi Perusahaan”

  1. Tujuan Pelatihan Dan Pengembangan SDM | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] tujuan yang direalisasikan dalam rangkaian kegiatan terstruktur yang sistematis. Tujuan serta manfaat pelatihan dan pengembangan SDM ini berguna untuk meningkatkan keahlian/skill karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan agar […]

  2. Pentingnya Pelatihan SDM dalam Peningkatan Pelayanan BPJS | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] Pelatihan SDM sebagai penunjang aktivitas pelayanan jasa yang dilakukan oleh BPJS perlu dilakukan. Karena melalui sumber daya yang berkualitas, kebutuhan masyarakat tentang pelayanan kesehatan dapat terpenuhi dengan baik. Pelatihan yang ada pun biasanya akan disesuaikan dengan sistem ISO standar pelayanan jasa seperti ISO 28000 dan ISO 9001. Kaitannya dengan penyediaan jasa dan pelatihan sumber daya yang ada, berikut adalah beberapa manfaat dari pelatihan yang dilakukan. […]

Comments are closed.