atau telah menjadi bagian penting dari sebuah kegiatan pengelolaan sebuah lembaga usaha atau . Manajemen bakat tidak lagi terbatas pada kegiatan merekrut karyawan baru; namun telah berkembang ke area – area lain yang tidak kalah penting dan memberi manfaat besar bagi keberhasilan sebuah . Kemampuan manajemen bakat sudah sepatutnya dimiliki oleh departemen sumber daya manusia di sebuah . Menggunakan jasa manajemen bakat dari luar merupakan sebuah pilihan; namun memberikan pelatihan bagi anggota departemen sumber daya manusia menjadi hal yang lebih penting karena kebutuhan akan kemampuan dan praktek manajemen bakat akan terus dibutuhkan oleh khususnya departemen sumber daya manusia.

Bakat setiap karyawan atau pegawai dapat berbeda – beda. Kemampuan mengenali bakat dan ketrampilan agar dapat menempatkan karyawan tersebut di posisi ideal guna memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan merupakan salah satu bagian penting dari Talent Management sebagai bagian dari pengelolaan sumber daya manusia. Proses mengolah bakat seorang karyawan agar terus berkembang dan memberi manfaat sebesar mungkin bagi perusahaan juga tidak kalah penting. Ini merupakan bagian kedua dari kegiatan manajemen bakat yang bertujuan mengembangkan bakat karyawan dan memelihara mereka agar tidak meninggalkan perusahaan untuk bekerja ke perusahaan lain. Kehilangan karyawan berkualitas karena pindah untuk bekerja ke perusahaan lain merupakan sebuah indikator kegagalan manajemen bakat. Perusahaan akan mengalami kerugian besar jika kemampuan dan ketrampilan karyawan tersebut dikembangkan dan dipupuk selama menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Kemampuan menjalankan Talent Management oleh sebuah perusahaan dapat diperoleh dengan melakukan pelatihan atau training bagi departemen sumber daya manusia. Ada cukup banyak penyedia jasa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajemen bakat. Ada proses mencari karyawan, menarik, memilih dan melatih karyawan hingga menjaga serta memberi promosi karyawan agar karyawan – karyawan yang baik dan berkualitas tetap bertahan daan terus memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. Kualitas dan kesuksesan sebuah perusahaan dapat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

One Response to “Manfaat Talent Management bagi Kesuksesan Perusahaan”

  1. Sertifikasi menjelang era MEA | P2Tel | Persatuan Pensiunan Telkom

    […]  lintas negara. Sehingga pentingnya setiap tenaga profesi memiliki sertifikasi melalui training SDM. Perlu diketahui, ada tiga jenis sertifikasi yang diakui dan dapat dimiliki oleh tenaga profesi […]

Comments are closed.