Kerugian merupakan satu hal yang pasti ingin dihindari oleh pemilik atau pengelola usaha. Salah satu cara paling efektif untuk menghindari kerugian adalah dengan melakukan pengelolaan dengan baik dan hati – hati. Salah satu elemen manajemen yang berhubungan langsung dengan strategi menghindari resiko adalah manajemen risiko atau risk management. Resiko merupakan sebuah peluang untuk mengalami kerugian; meminimalisir resiko merupakan sebuah upaya guna menghindari ataupun menekan jumlah kerugian. Dibutuhkan kemampuan identifikasi, analisis dan penyusunan strategi manajemen guna menghindarkan sebuah dari kerugian yang memang selalu mengancam.

Di tengah ketidakpastian dunia usaha, dibutuhkan metodologi untuk mengelola resiko dan ketidakpastian yang terjadi. Pengelolaan atau manajemen risiko mencakup beberapa langkah utama yang diawali dengan identifikasi. Dibutuhkan kepekaan, kemampuan analisis dan pengalaman guna memberikan hasil identifikasi resiko yang baik dan detail. Resiko – resiko yang mungkin terjadi akan diklasifikasikan terkait dengan besar kecilnya resiko tersebut serta dipetakan berdasar jenis resiko, efek dan sumber dari resiko – resiko tersebut. Resiko operasional akan muncul akibat kegagalan sistem dari internal lembaga usaha ataupun karena faktor kesalahan manusia. Resiko bahaya muncul karena efek dari kejadian atau peristiwa yang terjadi; penting untuk menemukan sumber resiko karena akan berhubungan langsung dengan cara mengelola dan menanganinya. Resiko strategis bersumber dari kejadian atau kondisi yang tidak direncanakan sehingga mengurangi keberhasilan dari implementasi sebuah strategi usaha. Sedangkan resiko finansial akan terkait dengan kerugian yang mungkin diderita investor karena kegagalan menghasilkan keuntungan.

Setelah resiko – resiko yang mungkin terjadi dapat diidentifikasi, makal langkah selanjutnya adalah mengembangkan strategi untuk mencegah terjadinya masing – masing resiko yang mungkin terjadi ditambah dengan strategi untuk merespon jika resiko – resiko yang telah teridentifikasi benar – benar terjadi. Pemberdayaan aset dan pengelolaan sumber daya yang ada untuk mencegah dan menanggulangi resiko merupakan bagian penting lain yang terlibat dalam sebuah sistem pengelolaan resiko sebuah lembaga usaha. Atas dasar itulah manajemen risiko merupakan elemen penting dalam manajemen sebuah lembaga usaha.

Comments are closed.