Tenaga yang menjadi rebutan di era , bidang teknologi informatika saat ini memang sedang mengalami perkembangan luar biasa sehingga tidak heran permintaan dan kebutuhan tenaga pun terus meningkat setiap tahunnya. Pada era MEA dimana persaingan tenaga kerja akan semakin ketat sehingga orang-orang yang tidak meningkatkan kemampuannya akan jauh tertinggal, sehingga keterampilan dibidang IT sangat diperlukan.

Bidang teknologi informatika terus berkembang dan kebutuhan pasarnya pun ikut berkembang, tengok saja bagaimana bisnis yang dijalankan secara offline kini merambah jalur online dengan membuka departemen yang awalnya hanya mencari orang yang paham tentang teknik informatika namun saat ini juga dicari tenaga yang bisa mengelola pemasaran online.

Meningkatkan kemampuan IT

Bahkan sebelum era MEA dimulai sebenarnya sudah banyak orang yang mempelajari keahlian bidang web programming, dan yang mempelajarinya tidak hanya tenaga IT tetapi juga top management perusahaan, mahasiswa bahkan orang awam.

Untuk itu menjadi tenaga IT saat ini tidak hanya harus memiliki kemampuan dan keahlian dalam mengolah logaritma dan sistem informasi kemudian membangun sistem informasi untuk sebuah organisasi, tetapi yang paling penting adalah kemampuan untuk menciptakan sebuah karya yang bermanfaat bagi organisasi.

Bagi anda yang ingin berkarir di bidang teknologi informatika, anda bisa memanfaatkan berbagai kursus praktis dan aplikatif untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian anda di bidang IT. Program yang menjadi favorit untuk dipelajari adalah pembuatan web dan pemasaran internet, selain itu juga ada program mobile application dan game application.

Perkembangan profesi bidang IT

Jika dulu, profesi bidang IT yang paling dikenal adalah programmer, sistem informasi, web developer,dan business analyst. Kini munculan profesi lainnya, seperti yaitu:

  • Search engine specialist yang bekerja agar sebuah website selalu berada di posisi teratas dengan kemampuan logaritma, penyusunan teks dan Google Analytic.
  • Social media manager yang bekerja mengelola jejaring sosial di perusahaan.
  • Mobile application developer yang bekerja mengembangkan aplikasi perangkat mobile.
  • Market data research miner yang bekerja mengelola data yang ada di dunia maya secara umum untuk kemudian dikhususkan sesuai keperluan riset.
  • User experience designer yang bekerja membuat program dan meneliti kebiasaan pengguna perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet.
  • Cloud computing services yang bekerja mengelola sistem cloud di perusahaan penyedia ata pengguna cloud.
Comments are closed.