Pasar modal dibedakan menjadi dua jenis, yaitu () dan (). adalah jenis penawaran saham pertama dari pihak emiten yang ditujukan pada para pemilik modal dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Jika masa berlaku penawarannya telah habis, maka saham ini boleh ditawarkan di pasar sekunder. Umumnya, masa berlaku penawaran saham perdana ini hanya 6 hari kerja saja, sedang untuk harga saham biasanya akan ditentukan oleh pihak yang menjamin emisi. Di ini, perusahaan biasanya akan memperoleh dana yang dibutuhkan. Perusahaan juga diperbolehkan menggunakan dana emisi guna mengembangkan atau memperbanyak modal yang diperukan untuk memproduksi jasa atau barang. Tak hanya itu, dana hasil emisi juga boleh digunakan untuk membayar hutang perusahaan atau untuk memperbaiki struktur modal perusahaan. Harga saham perdana bersifat tetap, dan pihak yang paling berwenang adalah pihak penjamin pialang dan emisi. Pihak penjamin pialang dan emisi ini tidak mendapat komisi meski saham perdana telah berhasil terjual.

Pasar sekunder (secondary market) adalah tempat di mana terjadi transaksi jual dan beli saham antar investor. Saham-saham di pasar sekunder ini merupakan saham yang awalnya ditawarkan di pasar perdana. Kemudian setelah mendapatkan ijin dari penjamin emisi (paling cepat 90 hari, saham-saham ini wajib dicatat di bursa. Di pasar sekunder ini , para investor yang ada di seluruh penjuru dunia dapat menjual atau membeli saham kapan saja. Manfaat dari adanya pasar sekunder ini bagi suatu perusahaan adalah bahwa pasar sekunder ini dapat dijadikan media yang tepat untuk menghimpun para investor, lembaga, dan perseorangan. Kemudian dari segi harga, saham yang dijual di pasar sekunder ini bersifat fluktuatif alias berubah-ubah sesuai dengan ramalan pasar dan kondisi perekonomian.

Yang menjadikan pasar sekunder dan pasar perdana berbeda yaitu pasar sekunder menyertakan komisi untuk setiap penjualan dan pembelian saham, sedang pasar perdana tidak menyertakan komisi apapun. Kemudian perbedaan lainnya yaitu pasar sekunder dapat dipesan melalui para anggota bursa. Perbedaan yang terakhir yaitu jangka waktu penawaran saham tak terbatas alias berlaku selamanya.

One Response to “Jenis-Jenis Pasar Modal”

  1. Ilmu Penting Bagi SDM Dalam Training Pasar Modal Syariah | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] basis dari konvensional. Guna mencegah kesalahan dalam bekerja, maka perlunya mematangkan konsep pasar modal syariah melalui training SDM. Akan ada banyak ilmu penting yang diperoleh pegawai di perusahaan […]

Comments are closed.