Tim atau staff marketing dan sales memiliki target yang harus dicapai demi kemajuan perusahaan. Ada kalanya target ini tidak bisa tercapai karena banyak faktor, dan tim sales harus melakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab kegagalan dan memperbaikinya. Namun ada juga tim yang ambisius untuk bisa melampaui target dengan melakukan berbagai yang bisa meningkatkan angka . Terlalu ambisius dan hanya melihat masalah dari satu sisi bisa membuat tim sales melakukan hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh tim sales. Training untuk tim marketing dan sales sebaiknya memasukkan poin ini ke dalam materi pelatihan.

Datang di waktu yang tidak tepat

Untuk menarik perhatian dan simpati kepada sales yang datang untuk mempromosikan produk, waktu kedatangan pun harus diperkirakan agar tidak mengganggu jam sibuk atau jam istirahat dari calon konsumen. Kecuali jika sebelumnya sudah membuat janji dengan calon konsumen mengenai waktu presentasi yang tepat. Tanpa menanyakan apakah saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengobrol dan langsung promo sana sini akan membuat calon konsumen jengkel dan tidak respek terhadap produk.

Menjatuhkan produk lain

Hal yang tidak boleh dilakukan oleh tim sales selanjutnya adalah menjatuhkan produk lain di mata konsumen. Baik atau tidaknya suatu produk dan mana yang akan dipilih adalah hak penuh konsumen, menjelek-jelekkan produk lain bukan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk sendiri. Justru bisa berbalik arah jika ternyata konsumen yang mendengar hal tersebut memiliki hubungan yang lebih dekat duluan dengan tim sales rival.

Stick to the book

Terlalu kaku menaati arahan-arahan yang diberikan oleh atasan atau sales senior termasuk tidak boleh dilakukan oleh tim sales. Bagaimana pun juga masing-masing anggota tim sales punya keunikan dan kemampuannya sendiri-sendiri. Cara-cara dan metode pemasaran yang dilakukan haruslah berasal dari kreativitas masing-masing dan disesuaikan dengan keadaan dan tipe konsumen yang dihadapi. Meski bukan berarti atasan dan senior tidak boleh memberikan masukan dan saran. Jika terlalu kaku mengikuti aturan, maka hasil dari penjualan tidak bisa berkembang bahkan beresiko menurun karena kondisi pasar yang dinamis.

Comments are closed.