Staff dan merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan karena mengemban tugas untuk memasarkan produk perusahaan kepada publik. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mampu bekerja keras untuk bisa meningkatkan nilai penjualan perusahaan dengan strategi-strategi yang kreatif dan mampu melihat peluang. Meski pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga, staff bagian marketing dan juga harus dibekali dengan soft skill di bidang terkait sebagai pondasi yang kuat. Training dibutuhkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas tinggi. Berikut adalah contoh menyusun konsep training marketing dan untuk berkualitas.

Membangun motivasi

Menyusun konsep training marketing dan sales yang pertama adalah membuat menu yang bisa membangun motivasi bagi staff marketing untuk memiliki passion dalam bekerja dan pantang menyerah. Menu pelatihan yang pertama ini bisa diisi dengan mengenal lebih dalam produk yang akan dipasarkan, bagaimana caranya berkomunikasi dengan klien dengan prinsip good relationship, memahami persaingan industri, menentukan cara penjualan yang nyaman bagi marketing tetapi efektif untuk konsumen, dan lain sebagainya.

Menyusun metode sales

Beberapa perusahaan merekrut karyawan untuk posisi marketing dan sales tidak mensyaratkan ia harus dari jurusan tertentu. Artinya, ada banyak karyawan dengan latar belakang non-marketing atau ekonomi dan bisnis tetapi memiliki kewajiban untuk punya skill marketing yang baik. Maka dari itu menyusun konsep training marketing dan sales harus disertai dengan metode-metode sales yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Membangun keintegrasian

Menyusun konsep training marketing dan sales yang terakhir adalah membangun kinerja yang berintegrasi antara tim marketing dan tim sales. Di mana tim marketing bertugas untuk menyusun yang efektif dan memperluas prospek, sementara tim dari sales bertugas untuk memberikan informasi terbaru mengenai keadaan pasar dan perkembangan konsumen sehingga tim marketing bisa menyusun strategi penjualan. Dengan menu latihan yang bisa melaih kerja tim yang solid, maka target perusahaan akan tercapai seiring dengan rasa kekeluargaan pada karyawan perusahaan.

Comments are closed.