berpengalaman tetap membutuhkan pelatihan karena seorang profesional perlu untuk terus-menerus beradaptasi dengan perkembangan industri dan memperluas kemampuan mereka sehingga keterampilan kerja mereka tetap relevan Menurut hasil riset yang dilakukan di Amerika menunjukan bahwa bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan mengikuti in-person training (pelatihan perorangan yang dilakukan secara tatap muka) dari fasilitas kantor.

Dijelaskan dari hasil riset tersebut bahwa satu-pertiga dari karyawan mengatakan jika instructor-led workshop (lokakarya dengan pola pembelajaran dan intruktur) adalah jenis yang dinilai paling bermanfaat. Para manager di perusahan pun mengakui bahwa kecenderungan sebagian besar perusahaan kini mulai mengikuti keinginan karyawan dengan melakukan in-person training, dimana 67 persen menawarkan jenis instruksi.

Penggantian biaya pelatihan untuk seminar di luar, kursus online dan buku-buku referensi adalah beberapa jenis pelatihan yang dinikmati karyawan. Seandainya perusahaan atau atasan anda tidak menawarkan pilihan pelatihan, maka anda harus mencari sumber lain untuk belajar. Berikut ini beberapa tips untuk membantu menjaga keterampilan karyawan:

Menilai sumber pendanaan

Anda harus mencari tahu apa jenis kesempatan pelatihan yang tersedia di perusahaan anda dan apakah biaya penggantian ditawarkan jika mengikuti kursus di luar. Anda juga harus mengeksplorasi pilihan untuk belajar dengan biaya yang lebih terjangkau, seperti program online dan buku.

Bergabung dengan asosiasi profesional

Kelompok industri sering melakukan lokakarya dan sesi pelatihan dimana anggota dapat memperbarui pengetahuan bisnis dan kemampuan anda. Kegiatan-kegiatan ini, baik perorangan atau online, bisa memberikan kesempatan untuk membangun jaringan dan berbagi ide (sharing ide) dengan orang lain dalam industri yang sama.

Menghadapi tantangan baru

Anda harus berbicara pada atasannya agar bisa terlibat dalam proyek-proyek di luar tanggung jawab yang biasanya. Menjadi relawan untuk tugas-tugas yang bisa mengasah kemampuan anda.

Temukan mentor

Jika atasan anda tidak memiliki program in house mentoring, anda harus mencari seseorang di dalam atau di luar perusahaan yang keahliannya anda atau rekan-rekan kagumi, dan meminta nasihatnya.

Membantu orang lain

Anda bisa menjadi relawan melalui kepanitiaan atau peran pemimpin, yang bisa membatu anda mengembangkan keterampilan anda, yang tidak hanya bermanfaat bagi kelompok tetapi juga berguna untuk pekerjaan anda sendiri.

Tidak peduli apakah anda sudah lama atau baru memulai karir di bidang yang baru, namun yang pasti tenaga kerja berpengalaman tetap membutuhkan pelatihan seperti tenaga kerja yang baru lulus dari sekolah.

One Response to “Cara Mendapatkan Pelatihan Bagi Experience Worker”

  1. Pelatihan Aplikasi Manajemen Pergudangan yang Efektif - Training dan Seminar Indonesia

    […] tidak efektif, membutuhkan waktu yang lama dalam mencari suatu produk di gudang, menemukan karyawan gudang tertidur di shift 3 di sela-sela rak barang, dan lain sebagainya. Dalam trainingmanajemen […]

Comments are closed.