Jika pada artikel sebelumnya, Anda diberi tahu mengenai salah satu cara untuk mengelola uang dengan bijak adalah dengan memiliki dua rekening yang fungsi dan penggunaannya berbeda satu sama lain, maka sekarang Anda juga bisa mencoba cara selanjutnya untuk memastikan bahwa Anda bisa menghemat uang yang dimiliki dengan cara untuk tidak menghabiskan 30-50% gaji yang Anda miliki. Bagaimana caranya?

Tetapkan nominal uang

Anda sudah harus menetapkan sejumlah nominal uang dalam sebulan. Nominal uang ini adalah berapa banyak uang yang akan disimpan untuk memenuhi semua kebutuhan selama sebulan. Besaran nominal dapat ditentukan melalui berapa banyak pendapatan yang Anda miliki selama sebulan. Sebagai contoh, jika gaji Anda dalam sebulan adalah Rp 1.000.000, maka dalam sebulan pengeluaran minimal Anda adalah 30% dari Rp 1.000.000 dan pengeluaran maksimal Anda adalah 50% dari Rp 1.000.000.

Mengambil

Kalau menyiapkan dua rekening dan menetapkan nominal masih terasa sulit untuk Anda, maka mengambil Jika menyisihkan uang terasa sulit bagimu, kamu mulai bisa mengambil asuransi kesehatan. Jangan pernah lupakan biaya tidak terduga seperti biaya perawatan ketika Anda sakit atau ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi pada saat itu juga. Asuransi tidak melulu berhubungan dengan kesehatan, namun juga bisa menggunakan asuransi untuk menabung. Ambilah program asuransi dengan biaya menengah dan dengan mengambil program asuransi kesehatan, Anda dipaksa menabung karena uang Anda baru bisa diambil kembali sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Mengikuti

Jika Anda ingin mencoba cara yang lebih menyenangkan dalam mengelola uang, cobalah untuk mengikuti arisan. Dengan mengikuti arisan, Anda juga secara tidak langsung ikut menabung dan bisa mengambil “tabungan” Anda beberapa bulan kemudian. Namun pastikan dulu bahwa uang yang Anda keluarkan masuk akal dan sistem arisan yang ikuti juga jelas.

emas

Emas memang selalu bisa menjadi cara yang cukup mudah untuk menabung sekaligus berinvestasi dalam jangka panjang. bisa kamu jadikan pilihan tepat berinvestasi. Alasannya tentu saja karena emas memiliki harga yang relatif stabil dan pembayarannya bisa dilakukan dengan cara diangsur. Pembayaran dengan cara diansgsur merupakan salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin menabung namun memiliki gaji yang pas-pasan. Anda bisa mengatur pembayaran dengan jangka waktu tertentu tanpa bunga melalui pembayaran uang muka sebanyak 25-40%.

3 Responses to “4 Cara Jitu Mengelola Uang dengan Bijak”

  1. Mengelola Uang dengan Memiliki Dua Rekening Bank | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] banyak orang yang belum bisa mengendalikan perputaran uang yang dimilikinya? Jika salah satunya adalah Anda, maka ada solusi yang bisa menjawab permasalahan […]

  2. Kunci Sukses Mempersiapkan Mental Untuk Pensiun | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] mempunyai mental yang stabil saat pensiun, anda juga harus mempunyai keuangan yang stabil. Untuk itu, anda bisa mempersiapkan keuangan yang stabil sejak sebelum masa pensiun […]

  3. Strategi Mempersiapkan Pensiun Dini | Informasi Seminar dan Training (Pelatihan) di Indonesia

    […] satu tabungan khusus yang digunakan untuk menyimpan tabungan pensiun anda. Jangan mengambil uang dalam tabungan pensiun tersebut sebelum memasuki masa pensiun anda. Anda bisa memilih bank yang […]

Comments are closed.