Direktori Training Indonesia

Info Training dan Seminar Terlengkap di Indonesia

Jenis-jenis Sistem dan Penerapannya dalam Sebuah Perusahaan

Sistem ISO (International Organization for Standardization) yang pastinya sering diperdengarkan dalam sebuah seminar atau pelatihan standar mutu, mungkin masih terasa asing di kalangan orang awam atau pengusaha kelas UKM. Hal tersebut dapat terjadi, karena pihak yang menerapkan ISO umumnya adalah perusahaan besar atau instansi pemerintah dimana mereka membutuhkan suatu sistem standar untuk membantu pengawasan prosedur-prosedur yang berlangsung dalam usahanya. Namun demikian, tidak semua perusahaan menggunakan panduan ISO yang sama, karena ada berbagai jenis ISO dan penerapannya disesuaikan dengan bidang usaha yang dijalankan.

ISO 28000

Sistem yang satu ini berkaitan dengan pengelolaan dan pengawasan manajemen mutu terhadap sistem keamanan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan fasilitas umum, seperti bank, hotel, hingga rumah sakit. Sistem ini akan membuat suatu instansi yang berperan sebagai fasilitator kebutuhan masyarakat umum memiliki standar pengamanan tinggi terkait pendistribusian maupun pelaksaanan kegiatan demi kepuasan para konsumennya. Sistem ini juga memberikan gambaran bagaimana prosedur penanganan yang benar dan harus dilakukan untuk mengatasi aksi terorisme ataupun tindak kejahatan yang mungkin mengancam berlangsungnya produktivitas kerja.

ISO 9001

Sistem yang satu ini adalah salah satu prosedur ISO yang paling populer dari prosedur lainnya, karena hampir semua bidang bisa mengadaptasi dan memanfaatkan sistem ini untuk melakukan proses pengawasan sekaligus pengelolaan manajemen mutu untuk efektivitas produksi. Dengan sistem ini, diharapkan sebuah perusahaan dapat mewujudkan target yang diinginkan secara maksimal dan berkesinambungan.

ISO 14001

Anda pasti pernah mendengar tentang usaha bisnis di bidang lingkungan seperti perusahaan perkayuan, perusahaan parfum, atau olahan makanan cepat saji skala besar. Didalam perusahaan tersebut pastinya ada standar manajemen mutu yang harus diterapkan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja karyawan sekaligus meminimalisir permasalahan terkait limbah atau polusi yang ada. ISO 14001 berisi standar mutu dalam pengelolaan lingkungan, dimana prosedur didalamnya biasanya berisi standar pengelolaan limbah maupun penghematan energi terkait produksi. Semoga pengetahuan diatas bisa semakin menambah pengetahuan Anda tentang sistem ISO dan proses penerapannya.