Keberhasilan mengelola sumber daya manusia dapat memberi manfaat dan dampak besar bagi sukses sebuah perusahaan untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan. Efektivitas dan kualitas dari kinerja karyawan akan berdampak langsung pada hasil dari sebuah kegiatan usaha di sebuah perusahaan. Produktivitas yang tinggi dari karyawan dapat menjadi faktor pembeda satu perusahaan dengan perusahaan lain dan akan berdampak langsung pada hasil akhir berupa kualitas produk atau jasa yang dijual dan keuntungan yang diperoleh. Di sinilah pentingnya Talent Management sebagai bagian dari pengelolaan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia di sebuah perusahaan.

Pada dasarnya, Talent Management akan melibatkan proses menarik, merekrut, mengembangkan dan memotivasi serta memelihara karyawan agar tetap produktif dan setia pada perusahaan tersebut. Menarik sebanyak mungkin calon karyawan berkualitas dan memilih karyawan dengan kemampuan yang cocok serta berkualitas baik merupakan langkah pertama dari manajemen bakat yang dijalankan oleh departemen sumber daya manusia. Selanjutnya departemen ini bertanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan dan memotivasi karyawan agar memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan. Selanjutnya departemen sumber daya manusia harus mampu mempertahankan dan menjaga loyalitas karyawan agar tidak meninggalkan perusahaan untuk pindah bekerja ke perusahaan lain yang menawarkan reward atau gaji yang lebih baik. Tujuan utama dari manajemen bakat adalah menghasilkan kinerja terbaik dan organisasi sumber daya manusia yang kuat serta stabil agar mampu memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk itulah kemampuan Talent Management menjadi sebuah ketrampilan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh departemen sumber daya manusia. Merekrut seseorang yang berpengalaman dan memiliki kemampuan manajemen bakat merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mendapatkan kemampuan tersebut di departemen sumber daya manusianya. Menggunakan jasa pelatih atau trainer untuk melakukan pelatihan manajemen bakat merupakan cara lain guna mendidik karyawan di departemen sumber daya manusia agar memiliki kemampuan manajemen bakat dan mengelola seluruh sumber daya manusia di perusahaan agar memberi kontribusi terbaik bagi kesuksesan perusahaan dalam mendapat keuntungan dan berkembang lebih besar.

Apakah Artikel ini membantu?

direktoritrainingcoid

Comments are closed.