Direktori Training Indonesia

Info Training dan Seminar Terlengkap di Indonesia

Strategi Mempersiapkan Pensiun Dini

Banyak orang yang mulai tertarik untuk melakukan pensiun dini. Persiapan untuk melakukan pensiun dini harus dilakukan dengan persiapan yang matang sehingga anda bisa mendapatkan kehidupan yang stabil saat masa pensiun. Banyak orang yang ingin melakukan pensiun dini karena ingin mempunyai waktu yang lebih lama untuk bercengkrama dengan keluarga. Berikut strategi yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan pensiun dini:

  1. Untuk mendapatkan pensiun dini maka anda bisa mulai menabung sejak anda pertama kali diterima bekerja. Anda bisa mentargetkan untuk menabung dengan jumlah yang sama setiap bulannya. Anda bisa memprioritaskan tabungan ini setelah kebutuhan utama anda terpenuhi. Dengan menabung secara teratur maka keinginan anda untuk melakukan pensiun dini bukan merupakan angan-angan lagi.
  2. Anda bisa memperkirakan kebutuhan yang anda butuhkan untuk setiap bulannya jika anda pensiun nantinya. Biasanya anda membutuhkan sekitar 70% sampai dengan 90% dari pendapatan anda yang sekarang. Dengan melakukan perhitungan ini maka anda bisa menjamin standar kehidupan anda akan tetap sama seperti anda masih bekerja. Untuk itu, anda harus rajin menabung dan melakukan investasi sehingga standar hidup anda tidak akan berubah terlalu banyak.
  3. Anda bisa belajar mengenai investasi, anda bisa belajar melalui buku, internet atau seminar yang membahas mengenai hal ini. Sekarang ini, banyak sekali investasi yang bisa anda ikuti. Namun untuk mengikuti berbagai investasi ini maka anda harus mempunyai keahlian agar anda bisa mendapatkan profit yang bisa digunakan untuk masa pensiun anda nantinya. Jangan sampai anda terjebak dengan investasi bodong, anda harus mempelajarinya dengan baik. Anda bisa belajar dengan ahlinya secara langsung akan lebih baik jika di kantor anda ada teman yang sangat pandai dalam mengelola investasi.
  4. Anda sebaiknya menyiapkan satu tabungan khusus yang digunakan untuk menyimpan tabungan pensiun anda. Jangan mengambil uang dalam tabungan pensiun tersebut sebelum memasuki masa pensiun anda. Anda bisa memilih bank yang memberikan bunga yang paling tinggi untuk jangka waktu yang anda butuhkan sebagai sumber dana untuk melakukan pensiun dini.